Minggu, 28 Februari 2010

tugas andragogi


Perencanaan Pendidikan orang Dewasa

            Rancangan pendidikan perlu disusun jika ingin kegiatan pendidikan berhasil. Di Indonesia, persepsi tentang  pendidikan orang dewasa lebih mengarah pada pendidikan luar sekolah atau pendidikan masyarakat. Perencanaan pendidikan tidak lengkap jika tidak disertai  dengan rancangan pembelajaran. Hal ini diperlukan  agar proses pendidikan dan pembelajaran  orang dewasa dapat berjalan sesuai dengan prinsip-prinsip pendidikan orang dewasa.
Adapun komponennya, yaitu :
  Peserta didik
  Tujuan belajar
 Sumber belajar 
 Kurikulum
  Organisasi pelaksana
  Kondisi masyarakat setempat
  Manfaat langsung
 Struktur organisasi

Perencanaan Partisipatif

            Dimana semua pihak yang terkait dalam pendidikan dilibatkan dalam proses pendidikan mulai dari perencanaan, pelaksana,dan evaluasi. Prinsip perencanaan partisipatif  (Pidarta,1988) adalah hubungan dengan masyarakat, partisipan, teknik kerja kelompok, ramalan dan pembuatan program, pengambilan keputusan. Dan adapun prosedurnya, yaitu :
  • Menentukan kebutuhan atas dasara antisipasi terhadap perubahan lingkungan
  • Melakukan ramalan dan menentukan program, tujuan, misi perencanaan prioritas
  • Menspesifikasi tujuan
  • Menetapkan standar performansi
  • Menentukan alat/metode/alternatif  pemecahahn.
  • Melakukakn implementasi dan menilai
  • Mengadakan review

Peristiwa Pengajaran

            Menurut Gange & Briggs (1974) peristiwa pengajaran adalah dirancang untuk membuat peserta didik bergerak dari “ di mana ia berada “ pada saat awal pengajaran  menuju pencapaian kemampuan  yang telah di tetapkan dalam tujuan  khusus pengajaran. Fungsinya (Gange, 1968) :
  • Memperoleh perhatian peserta didik
  • Memberi tahu tujian khusu pengajaran kepada peserta didik
  • Membantu peserta didik mengingat kembali pengetahuan yang telah dimiliki
  • Menyajikan materi pelajran
  • Memberi bimbingan belajar
  • Memperoleh performansi
  • Memberi umpan balik tentang perbaikan performansi ( jika performansi peserta didik salah )
  • Menilai performansi peserta didik
  • Meningkatkan retensi dan transfer

Rancangan Pengajaran
Adapun prosedurnya  menurut Dick&Carey (1985), yaitu :
  1. identifikasi tujuan umum pengajaran
  2. melakukan analisis pengajaran
  3. identifikasi tingkah laku masukan dan ciri peserta didik
  4. merumuskan tujuan performansi
  5. mengembangkan butir-butir tes  acuan patokan
  6. mengembangkan strategi pengajaran
  7. mengembangkan dan memilih  materi pengajaran
  8.  merancang dan melakukan evaluasi formatif
  9.  merevisi bahan pengajaran
  10. merancang dan melakukan evaluasi sumatif



Metode dan Teknik Pembelajaran Orang Dewasa

            Metode dapat diartikan  cara yang berkaitan dengan pengorganisasian kegiatan belajar bagi pebelajar seperti kegiatan belajar individual, kelompok, atau belajar massal.
Teknik pembelajaran perorangan dapat digolongkan menjadi dua, yaitu teknik pembelajaran yang berpusat pada pebelajar, dan teknik pembelajaran yang berpusat pada sumber belajar.
Teknik yang berpusat pada pebelajar ada modul, permainan, dan eksperimen.
Teknik pembelajaran kelompok ada tutorial, diskusi kelompok, diskusi enam-enam, latihan, kerja kelompok, curah pendapat, cawan ikan, simulasi, seminar, simposium. Teknik pembelajaran dalam kelompok besar ada kampanye, gerakan pembangunan masyarakat.


by : ade ari 08-081

Tidak ada komentar:

Posting Komentar