Resume Evaluasi Pendidikan Orang Dewasa
Secara tidak sadar banyak orang telah melakukan evaluasi di dalam kehidupan sehari-harinya seperti mengevaluasi barang-barang mereka yang baru mereka beli di pasar, mengevaluasi pendidikan anak-anak mereka, mengevaluasi kendaran yang mereka pakai, mengevaluasi kopi yang mereka minum setiap pagi, dan lain sebagainua. Pendidikan menggunakan istilah evaluasi untuk menunjukkan proses menentukan kekuatan atau nilai pekerjaan mereka. Evaluasi adalah suatu cara mengukur hasil dari kegiatan pendidikan.
Adapun jenis-jenis evaluasi bila dilihat dari tingkat formalitas dan ketepatannya (Morgan,et al,1976) yaitu :
1. evaluasi informal
2. evaluasi semi formal
3. evaluasi formal atau penelitian ilmiah
selain itu ada pengelompokan berdasarkan tujuannya, yaitu evaluasi formatif dan evaluasi sumatif. Evaluasi formatif berusaha mengidentifikasi dan memperbaiki kekurangan selama masa pengembangan program, sedangkan evaluasi sumatif menilai manfaat program versi terakhir (Seeperesad & Henderson, 1984).
Ada beberapa manfaat mengapa evaluasi di lakukan menurut Flores, Bueno, dan Lapastora (1983) manfaat evaluasi adalah untuk
a. menentukan patokan awal yang dapat dipakai sebagai dasar perbandingan tindakan baru
b. menentukan pengarahan kembali atau perbaikan suatu aktivitas
c. mengecek secara periodik efektivitas suatu program
d. memberi rasa aman pada pelaksana tugas
e. memberi bukti konkret kepada pihak yang terkait
f. meningkatkan sikap profesional kepada penerima evaluasi
Tujuan utama evaluasi dapat diringkas sebagai berikut (Morgan,et al, 1976) :
1. untuk menentukan seberapa dekat peserta didik secara individual dan keseluruhan kelas telah mencapai tujuan umum yang telah ditentukan
2. untuk mengukur tingkat perkembangan yang telah di capai oleh peserta didik dalam waktu tertentu
3. untuk menentukan evektifitas bahan, metode, dan kegiatan pengajaran
4. untuk memberikan informasi yang bermanfaat bagi peserta didik, instruktur, dan masyarakat.
Prinsip evaluasi yang diggunakan untuk meningkatkan mutu pelaksanaan evaluasi antara lain (Frutchey, 1973) :
1. menegmbangkan sikap kritis
2. mengenal bias pribadi
3. melakukan observasi silang untuk menentukan seberapa jauh konsistensinya masalah itu
4. cek lebih jauh untuk menentukan apakah ada perilaku basa-basi
5. pertimbangkan penyebab lain yang mungkin ada
6. berhati-hati untuk tidak hanya membaca observasi yang kita harapkan saja dan mengabaikan interpretasi yang masuk akal
7. dalam mengevaluasi hasil atau produk perilaku, gunakan kriteria untuk menilainya
8. cek lebih jauh untuk menentukan apakah hasil atau produk yang diklaim seseorang benar-benar hasil orang itu
9. kenali bahwa banyak perilaku yang saling menutupi satu sama lain
10. pastikan apakah bukti yang kita amati adalah benar bukti yang sebenarnya
11. hindari tergesa-gesa membuat kesimpulan, hendaknya hati-hati dan secermat mungkin.
Prosedur evalauasi pendidikan orang dewasa menurut Morgan :
1. mengecek tujuan
2. memeriksa apa yang dilakukan untuk mencapai tujuan
3. mengumpulkan bukti
4. menetukan sumber bukti
5. menentukan alat untuk memperolah bukti
6. menganalisis bukti
7. menggunakan hasil
by : Ade Ari Isnainy
Tidak ada komentar:
Posting Komentar