Senin, 24 Mei 2010

............

.....masi kosong........

4 komentar:

  1. (UAS)1. Ade, coba pengalaman apa yang paling menarik kamu rasakan pada mata kuliah paedagogi ini dan jelaskan berdasarkan salah satu teori paedagogi yang paling kamu kuasai.

    BalasHapus
  2. Belajar mengajar dengan menggunakan metode belajar online yang baru pertama sekali saya alami ini membuat saya merasa gugup dan tertantang. Awalnya saya tidak begitu paham tentang blog, mengelola isi blog, memposting pesan baru dalam blog dan bergabung ke dalam grup paedagogi, tetapi berkat kebiasaan dan bantuan ibu Dina dan teman-teman saya menjadi lebih paham lagi dalam penggunaan blog ini. Jika dikaitkan dengan teori yang dikemukakan oleh Aqib (2002), yaitu jenis strategi pembelajaran yang berdasarkan pertimbangan interaksi guru dengan siswa adalah strategi pengajaran melalui media. Guru tidak langsung kontak dengan siswa, tetapi melalui media. oleh karena itu siswa berinteraksi dengan media(internet).

    2. Awal mula pertemuan/pelajaran Paedagogi dimulai dengan permainan membuat bintang dari tusuk gigi dan tusuk sate tanpa lepas satu sama lain bila diangkat dengan kelompoknya masing-masing. Dan setelah selesai permainan, kami semua diberi reward walaupun cuma permen tapi kami sangat senang. Setelah itu kami disuruh untuk mengkaitkannya dengan teori dari buku. Selain itu saya sangat senang dan sangat menyukai sistem belajar yang Ibu Dina buat selama ini. Karena sistem belajar yang sesuai dengan CTL (Contectual Teaching and Learning) Ibu memberi satu permasalahan dan kami di tuntut lebih kritis, aktif, kreatif untuk mencari pemecahannya. Dan sistem belajar CTL juga berpusat pada siswa dan langsung praktik bukan menghafal. Oleh karena itu saya selalu ingat apa yang Ibu katakan, yaitu "Kita belajar memahami bukan menghafal"


    Ade Ari Isnainy (08-081)

    BalasHapus
  3. (UAS) 2. Jawaban soal ini paling lambat saya tunggu hingga tanggal 13 Juni 2010. Menurut kamu, adakah teori paedagogi yang dapat menjelaskan alasan saya memperpanjang toleransi penyelesaian UAS no 2. ini? Coba uraikan.

    BalasHapus
  4. Alasan ibu memperpanjang toleransi penyelesaian menurut saya sesuai dengan teori Conditioning dari Pavlov yaitu dengan pemberian sinyal bahwa waktu penyelesaian di undur maka akan memberikan reaksi pada mahasiswa (stimulus-response)untuk menyelesaikan tugas dengan lebih baik jika tidak ada perpanjangan masa penyelesaian. Nah,dengan demikian para mahasiswa akan berusaha semaksimal mungkin untuk menyelesaikan tugas. Penjelasan Stimulus-Respons tentang terjadinya perubahan tingkah laku tidak lengkap untuk menjelaskan bagaimana organisme berinteraksi dengan lingkungan. Banyak tingkah laku menghasilkan perubahan-perubahan atau konsekuensi-konsekuensi pada lingkungan.Yang terpenting dari teori ini adalah hubungan antara perangsang dan respons,jika perangsang memberikan suatu stimulus baru seperti yang Ibu buat yaitu perpanjangan masa penyelesaian soal, maka apa respons yang akan dilakukan oleh mahasiswa. Disini akan terbentuk suatu tindakan baru yang di harapkan oleh perangsang dalam konteks ini berati Ibu Dina yang akan dilakukan si perespons. Jika waktu penyelesaian di undur menjadi tgl 13, maka akan ada lebih banyak waktu dalam mencari jawaban dari soal tersebut.

    BalasHapus